Belajar Sejarah Jakarta dengan Mengunjungi Museum

by - August 31, 2018



Hai, teman
Sebagai generasi muda, tentu kita harus tetap belajar tentang sejarah yang pernah ada di tanah leluhur kita. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya

Karena Ibu Dila sekeluarga baru aja pindah dari Medan ke kota sebelah Jakarta, tepatnya di Bekasi. Kayaknya kurang afdol kalau gak belajar tentang kota Jakarta. Belajarnya bukan hanya lewat bacaan loh

Nah salah satu cara belajar mengenai suatu kota menurut pengalaman nomaden ala Ibu Dila sekeluarga adalah dengan mengunjungi museum

Yups, museum ... Tempat favorit saya buat jalan-jalan. Seperti kota-kota sebelumnya, museum adalah hal wajib untuk saya kunjungi bersama anak. Kalau di Medan dulu sih, Museum Rahmat Gallery adalah salah satu favorit saya

Dan ini dalam perjalanan perdana saya untuk lebih mengenal Jakarta. Ini dia museum yang harus saya kunjungi bersama keluarga, teman-teman

Museum Sejarah Jakarta



Tempat ini lebih dikenal oleh banyak orang sebagai Museum Fatahillah. Letaknya di Kawasan Kota Tua Jakarta

Bangunan megah banget, ala kolonial Belanda. Biasanya oleh sebagian orang bangunan megah ini hanya dijadikan sebagai spot foto saja. Mereka berfoto di bagian depan museum

Sayang kan kalau hanya berfoto tanpa masuk ke dalam area museum. Tahu gak, nyatanya Museum Sejarah Jakarta memiliki koleksi benda sejarah dari masa kolonial Belanda hingga berbagai replika prasasti dari zaman kerajaan lho

Bagian dalam museum pun cukup menarik untuk berfoto loh, bonus plus selain belajar kan



Di museum ini teman-teman bisa belajar tentang sejarah Jakarta dengan mudah dan murah. Harga tiket masuk cukup terjangkau hanya 5000 rupiah saja untuk orang dewasa

Museum buka mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Hari Senin libur ya

Supaya tambah seru berpetualang di Museum Sejarah Jakarta, teman - teman bisa loh memakai jasa pemandu wisata. Seperti kunjungan kami kemarin yang ditemani oleh Mbak Ina, seorang siswa praktek dari Sekolah Menengah Kejuruan jurusan wisata



Museum Wayang


Satu lagi museum yang bisa teman-teman kunjungi di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta, yaitu Museum Wayang.

Hayo, ngaku deh siapa yang udah lama gak nonton wayang ? Jawab yang jujur , teman-teman. Saya juga udah lama banget gak nonton wayang


Padahal dulu sering banget yah diputar di tivi


Nah sebagai salah satu kesenian asli Indonesia yang kini mulai jarang kita tonton, wayang juga harus kita lestarikan agar tidak punah. Sesuai namanya, Museum Wayang, tempat wisata di Jakarta ini mengoleksi berbagai jenis wayang yang ada di Indonesia


Teman-teman bisa belajar berbagai jenis wayang dalam tempat wisata di Jakarta ini. Tempatnya dekat banget sama Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah kok. Jalan kaki beberapa langkah aja. Emang menyenangkan banget bisa jalan-jalan di Kota Tua


Museum Wayang yang dulunya merupakan Gereja de oude Hollandsche, juga menyimpan sesuatu yang menarik di dalamnya selain wayang loh teman


Ada area pemakaman yang terdapat di dalamnya. Dan salah satu tokoh Belanda yang dimakamkan di sini adalah gubernur jenderal Hindia Belanda Jan Pieterszoon Coen.


Seperti Museum Sejarah Jakarta, tiket masuk Museum Wayang hanya seharga 5000 rupiah saja untuk orang dewasa. Hari Senin libur juga ya. Jadi jangan salah jadwal ya



***

Dikutip dari situs resmi Traveloka, cara paling asyik menuju kedua museum itu adalah dengan naik bus Trans Jakarta dan KRL

Jadi buat teman-teman yang tidak tinggal di Jakarta, mencoba naik 2 moda transportasi umum ini adalah hal wajib. Karena ada sensasi berbeda saat mencoba moda transportasi umum tersebut. Seru banget loh, si kecil aja senangnya minta ampun. " Seru " katanya. Bahkan dia sempat bernyanyi Naik Kereta Api juga selama di KRL



Naik KRL juga cukup terjangkau loh, teman. Seperti kami hanya membayar 3000 rupiah saja per orang dari stasiun Kranji Bekasi menuju ke Stasiun Jakarta Kota yang letaknya dekat sekali dengan Kawasan Wisata Kota Tua

Dan gak perlu lagi pusing dengan masalah mencari parkir deh

Setelah puas mengunjungi kedua museum tadi, teman-teman bisa loh menyewa sepeda yang banyak bertebaran disana. Seru kan





***

Karena Indonesia negara kepulauan dengan garis pantai yang panjang. Ada satu tempat yang sangat ingin saya kunjungi di Jakarta ini untuk lebih "mengenal" Jakarta yang juga terletak di pesisir pantai utara Jawa ini. Namanya Museum Bahari yang terletak di Jl. Pasar Ikan no. 1 Penjaringan, Jakarta Utara

Dan Museum Bahari yang sempat terbakar beberapa waktu lalu ini, seperti melambai-lambai mengundang saya " Kapan berkunjung ? "

Semoga setelah si kecil sembuh dari sakit cacar airnya, saya dan keluarga bisa berjalan-jalan lagi untuk melihat Jakarta lebih dekat

Karena seperti kata Bung Karno " Jangan sekali-kali melupakan sejarah "

You May Also Like

4 comments

  1. Wah, emang Ibu Dila tadinya berdomisili di mana nih? Dari ketiga tempat di atas, aku baru masuk ke Museum Wayang. Museum Fatahillah cuma foto doang. Museum Bank Mandiri juga keren lho, Bu.

    ReplyDelete
  2. Saya kesana paling yang aku suka naik sepeda. Belum sempat mauk ke museumnya, maklum hari minggu meseumnya tutup seh.

    ReplyDelete
  3. Wah jadi kangen banget dengan suasana kota tua Jakarta dan museum Fatahillah setelah baca post ini.

    Aku sependapat, dari usia belia sebaiknya dikenalkan sejarah secara langsung mengunjungi museum juga candi.
    Jadi generasi muda tau banget sejarah negara kita.

    ReplyDelete
  4. Rasanya senang juga yah berkunjung ke kota yang sangat bersejarh

    ReplyDelete