Wisata Sehari di Medan, Kemana Aja Ya ?

by - February 09, 2018


" Aduh, say. Aku cuman punya satu hari aja yang free di Medan. Hari lainnya urusan kerjaan mulu. Gak bisa keluar "

" Jalan-jalan kemana ya enaknya ? Wong cuman dapet satu hari aja sebelum pulang ?"

Ke Medan baru pertama kali, eh waktunya banyak yang abis buat urusan kerjaan atau urusan lainnya. Dan hanya tersisa satu hari aja buat jalan-jalan

***

Hai ... Hai teman. Sampai lupa menyapa kalian semua ^^

Jumpa lagi dengan saya dari Medan

Kadang kalau kita datang ke suatu kota, suka bingung kan ya. Apa aja sih tempat wisata yang bisa didatangi dalam 1 hari di suatu kota, karena waktu yang terbatas

Di kesempatan ini, saya mau berbagi tempat wisata yang bisa kalian kunjungi di kota Medan dalam satu hari. Gak hanya wisata aja, kalian juga bisa memuaskan hasrat kuliner kalian dan gak lupa juga oleh-oleh buat keluarga di rumah ( yang ini jangan sampai ketinggalan, ntar ada yang ngambek kalo gak kebeli )

Untuk itu, saya pilihkan tempat-tempat yang sangat mewakili Medan dan In sya'a Allah gak bikin capek karena jaraknya cukup dekat satu sama lain

Pastinya semua tempat ini adalah IKONIK nya Medan loh ...

Ini tempat yang bisa kalian datangi dalam 1 hari di Medan

1. ISTANA MAIMUN

Pergi ke Medan artinya harus ke Istana Maimun yang merupakan peninggalan Kesultanan Deli ini

Terletak di Jalan Katamso Medan dan dengan tiket seharga 5000 rupiah saja, kalian bisa berpetualang di istana yang didominasi dengan warna kuning itu

Jejak kejayaan kesultanan Deli ini dibangun oleh arsitek Italia pada masa pemerintahan Sultan Ma'moen Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Dibangun pada 26 Agustus 1888. Dan diresmikan pada 18 Mei 1891. Istana ini berwarna kuning yang merupakan warna khas Melayu. Dengan desain campuran Timur Tengah, India, Spanyol, Belanda dan Melayu

Istana Melayu ( sumber gmbar : Majalah Asri.com )
Baru sekali ke Istana Maimun ? Kalian jangan lupa ya untuk mencoba baju khas Melayu. Seru loh. Berasa ala - ala bangsawan Melayu gitu deh

Harga sewa baju antara 35 ribu - 60 ribu.  Untuk yang pengen berpenampilan lengkap dengan aksesoris yang bling-bling itu , kalian kudu bayar dengan harga yang 60 ribu. Biarpun hiasannya bling-bling, gak usah khawatir bakalan norak. Malah bikin bagus kok ... Serius

Sedangkan untuk sewa baju yang tarifnya 35 ribu, aksesoris yang dipakai minimalis aja

Sambil memakai baju Melayu, kalian bisa loh foto-foto di dalam istana atau halaman. Pasti bakal menambah kesan kunjungan kalian

Sekadar tips dari saya buat kalian yang mau menyewa baju Melayu , kalian pilih warna merah atau hitam saja dari sekian banyak warna yang ada. Kenapa ? Karena bakalan bagus di kamera

Kalau bisa sih jangan warna kuning, ntar gak bakal "keliatan" karena warnanya sama dengan Istana Maimunnya yang dominan kuning itu. Kurang cetar pas di foto ( pengalaman pribadi soalnya ... Hiks )

Nyesel juga dulu kenapa nyewanya baju kuning , jadi kurang cetar karena backgroundnya sama. Beda sama si kecil ..
Dan jangan lewatkan keseruan mendengar suara dari Meriam Buntung saat kalian ke Istana Maimun. Konon meriam yang pecah akibat peperangan itu, bisa mengeluarkan suara berbeda pada setiap orang yang mendengarkan

Ada suara seperti air mengalir, dentuman perang dan lain-lain. Disana akan ada seorang pemandu yang akan bercerita tentang Meriam Buntung ini


Untuk masuk melihat Meriam Buntung dan mendengar cerita dari pemandu, kalian cuman bayar 3000 rupiah aja kok

Di Istana Maimun, kalian juga bisa membeli sekadar oleh-oleh buat orang di rumah. Ada kaos, tas Aceh, sarung tenun dan masih banyak lagi. Soal harga ? Cukup terjangkau dan masih bisa ditawar juga

Jadi gak usah khawatir ya

2. MASJID RAYA AL MASHUN 

Masjid Raya Al Mashun dan Istana Maimun boleh dibilang satu paket

Bukan karena letaknya yang berdekatan. Masjid yang  juga merupakan peninggalan masa kejayaan kesultanan Deli sering muncul di TV saat adzan Maghrib

Dengan desain arsitektur perpaduan Timur Tengah, India dan Spanyol ini rasanya sayang jika tak dikunjungi

Masjid raya Al Mashun ( sumber gambar : Valentino Luis - Sky Craper )


Apalagi di akhir 2017 kemarin, Masjid Raya Al Mashun diadakan renovasi besar-besaran. Dan hasilnya tentu saja akan menambah kenyamanan jama'ah dan pengunjung

Bagi pengunjung yang beragama Muslim, bisa sempatkan sholat disana. Rasanya maknyess. Apalagi sekarang di dalam masjid utama udah dikasih AC yang dinginnya brrrr dan wangi lagi. Bikin betah deh




Disana kalian juga bisa berziarah di makam Sultan dan keluarganya yang terletak di halaman samping dan belakang Masjid Raya Al Mashun ini

Ini cerita saya saat mengunjungi Masjid Raya Al Mashun yang bisa kalian baca disini

3. TJONG A FIE MANSION 

Ke Medan, jangan lewatkan rumah saudagar kaya keturunan Tionghoa ini ya. Dengan membayar tiket seharga 35 ribu rupiah, kalian bisa menikmati keindahan rumah sang saudagar di masa silam


Tjong A Fie, adalah seorang saudagar dari tanah Tiongkok yang merupakan kebanggan masyarakat Medan. Jasanya boleh dibilang cukup banyak untuk kota Medan. Antara lain pembangunan Masjid Raya Al Mashun dan Masjid Gang Bengkok

Apa sih yang menarik dari Tjong A Fie Mansion ?


Banyak sekali yang bisa kalian dapatkan dari rumah yang terletak di Jalan Ahmad Yani ini loh

Setiap sudut di rumah megah itu, gak ada yang gak menarik buat dilihat. Sebut aja ruang tamu yang berjumlah 3.  Salah satunya ada sebuah ruang tamu khusus untuk Sultan Ma'moen Al Rashid Perkasa Alamsyah ( Sultan Deli kala itu yang merupakan sahabat Tjong A Fie )


Belum lagi kamar utama milik sang saudagar yang megah dengan perabot ukir dari luar negeri. Kamar anak perempuan Tjong A Fie , yang di dalamnya terdapat sebuah cermin cantik  ( nah yang ini bikin para cewek gak pengen melewatkan buat berfoto di depan cermin itu )

Ruang dansa yang luas dengan dihias jendela kayu. Dan dapur dengan cerobong dan perlengkapan masak kala itu

Bahkan kalian bisa melihat batu giling untuk bikin tepung beras atau tepung kacang. Itu loh mirip yang biasa kalian lihat di salah satu episode Upin Ipin

Dan ini adalah tulisan saya saat berkunjung ke Tjong A Fie Mansion untuk kedua kalinya

Kalau kalian pecinta sesuatu yang berbau vintage. Semua yang ada di Tjong A Fie Mansion bakal bikin kalian cuci mata

Salah satu sudut favorit buat foto disana

Selama menjelajahi Tjong A Fie Mansion, kalian akan ditemani oleh seorang guide yang ramah dan tak keberatan untuk membantu mengambil gambar. Dan ini bakal jadi nilai plus saat berwisata disana

4. RESTORAN TIP TOP 

Letaknya tak jauh dari Tjong A Fie Mansion, tinggal jalan kaki saja sekitar 20 meter. Maka tak ada salahnya kalian mampir buat mengisi perut di restoran bersejarah ini

Udah 3 tempat yang didatangi, pasti perut udah mulai keroncongan minta diisi

Sumber gambar Tip Top Restoran 


Di restoran yang dulu bernama Jangkie ini, kalian bisa menikmati berbagai menu pilihan seperti western food, Chinnese food dan Indonesian food

Menu populer disana seperti aneka bistik dengan sausnya yang aduhai itu, nasi goreng, sup, pancake pisang, bitterballen, nasi gulai ayam dan masih banyak lagi

Nasi Goreng Ikan Asin Tip Top 

Bistik Sapi Tip Top 

Sup Asparagus Tip Top 

Es Johor Tip Top 
Gak boleh ketinggalan juga, kalian juga harus mencoba bermacam es andalan dari Restoran Tip Top ini

Tapi karena di Restoran Tip Top ini ada beberapa menu es krim yang menggunakan rhum, so buat yang beragama Islam mending tanya dulu dengan pramusaji

Gak usah khawatir, nanti pramusaji disana dengan ramah akan memberi tahu mana saja es krim yang dibuat menggunakan rhum dan mana yang tidak memakai rhum 

Untuk es krim berbentuk scoop itu tidak menggunakan rhum. Nah teman -teman yang beragama Islam bisa mencobanya

Soes, saucy brood dan horen ( sumber gambar : Tip Top Restoran ) 
Ke Restoran Tip Top, jangan lupa buat mampir ke Bakery nya juga buat membeli aneka kue yang dipanggang dengan tungku oven kayu. Soes, Saucy Brood dan Horen jangan kalian lewatkan. Sensasi rasa yang dihasilkan oleh oven tungku kayu yang berusia sama dengan restoran ini, tentunya bakal menambah kenikmatan

Soal rasa jangan ditanya deh. Restoran yang berdiri dari tahun 1934 ini akan memuaskan lidah kalian. Yang akan kalian rindukan

Buat saya pribadi sih, Restoran Tip Top gak pernah bosan buat dikunjungi lagi. Saya pun pernah menulisnya disini ( silakan mampir dan siapkan mental melihat godaan menu disana ) 😂

5. ANEKA OLEH-OLEH DI JALAN MOJOPAHIT

Jalan - jalan udah. Isi perut juga udah

Gak boleh lupa satu ini. Oleh-oleh dari Medan buat keluarga di rumah. Nah, salah satu pusat oleh-oleh yang bisa kalian datangi adalah jalan Majapahit

Apa aja siy yang bisa dibeli di Jalan Majapahit ?

Di jalan itu, kalian bisa berbelanja di Bika Ambon Zulaikha, Bika Ambon Acai dan Sate Kerang Rahmat

Kalian juga bisa merasakan kesegaran manisan jambu di kedai Manisan Jambu Aguan



Rujak Aceh LLF juga ada di jalan Mojopahit Medan. Dan ini salah satu oleh-oleh dari Medan yang bikin ngences saking enaknya ( bisa mampir ke tulisan ini biar gak penasaran dengan segarnya rujak ini ) 

Gak ketinggalan, ada juga Risol Gogo dan Pancake Durian Corner

Rujak Aceh LLF ( sumber gambar Ig Rujak Aceh LLF ) 

Lengkap kan oleh-oleh di Jalan Mojopahit

***

Untuk bisa menjelajahi semua tempat itu, cara terbaik menurut saya adalah dengan mengendarai becak motor yang bisa kalian carter 

Kenapa ? Karena Medan itu identik dengan becak motor. Sayang kan, udah ke Medan kalau gak nyobain becak motornya yang legendaris itu

Soal tarif ? Emang siy lebih mahal ketimbang ojek online. Tapi kalian bisa menawar kok. Dan dengan uang yang kalian keluarkan buat naik becak motor itu sangaaaat worth it. Gak bakal rugi deh

Bakalan nambah sensasi keliling Medan tentunya. Saya pernah loh ngerasain serunya keliling Medan naik becak motor sama Mama yang datang dari Semarang. Dan ceritanya ada disini nih

Loh kok gak  ada Bolu Meranti ? Daripada kalian membuang waktu, bolu yang jadi salah satu oleh-oleh dari Medan paling populer ini bisa kalian beli sekalian perjalanan pulang menuju bandara. Atau beli aja di Bandara Kuala Namu, banyak kok yang jual disana. Tapi agak mahal dikit memang ketimbang di tokonya langsung

***

Udah dulu ya teman. Semoga tulisan ini bisa membantu kalian saat berkunjung ke Medan

Kutunggu kedatangan kelen ke Medan ya 

Kalau kalian penasaran kenapa gak ada Danau Toba di tulisan ini ? Karena Danau Toba itu jaraknya 4 jam dari Medan, teman. Jauh kan. Jadi kalau kalian mau ke Danau Toba, siapkan waktu yang lebih lama lagi ya

Ahoi, Horas, Mejuah Juah. Salam saya dari Medan 🤗



You May Also Like

29 comments

  1. Wahhh seru ya kak,, alhamdulillah sudah semua dikunjungi. Semoga aja tempat wisata bisa terus terjaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Mas Rudi... Itu juga doaku, semoga tempat di Medan makin baik dan bisa terjaga

      Delete
  2. Yang belum ke Tjong A Fie saya Mbak Dila...
    Lainnya...huaaa kangen Medan saya! Pengin ke sana lagi, karena si bungsu belum pernah tahu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas Mbak Dian di Medan, Tjong A Fie Mansion emang belum dibuka buat umum Mbak. Masih untuk keluarga aja

      Delete
  3. Bu Dila.. saya pernah ke Medan 6 tahun lalu dan hanya sempat ke nikahan teman plus Bolu Meranti dan Bika ambon Zulaika Hoahahaaa.. Nyeselnya sampai sekarang krn belum ke sana lg. Bahkan waktu itu Kuala Namu belum beroperasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku doain mudah-mudahan ada rejeki ke Medan lagi, Mbak Nisa. Bisa jalan-jalan plus nyobain kuliner yang belum pernah dicoba

      Delete
  4. Kapan bisa ke Medan yaaa..
    Eh, siapa tahu suatu hari nanti bisa. Mau tambah satu destinasi lagi ah...

    Nyari rumahnya Gaitsaa..😁😁

    Ato jangan2 pas udah kesampaian sampai medan, udah pindah tugas lagi..ha..ha


    Postingan bagus mba.. lengkap. Aku malah belum pernah bikin kompilasi kayak gini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, kemungkinan mah udah pindah lagi ... Hihihi

      Delete
  5. Replies
    1. Mudah-mudahan suatu saat bisa ke Medan, Mbak ... Aamiin

      Delete
  6. Ke Medan sehari? Ehm.... istana Maimun menggoda. Apalagi tiketnya murah. Ini bisa jadi rujukan buat yang waktu terbatas selama di Medan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main ke Istana Maimun sambil nyewa baju Melayu ... Yipppi

      Delete
  7. Boleh juga nih buat referensi kalau suatu hari nanti ada kesempatan ke Medan, saya kebetulan punya mitra bisnis disana.

    ReplyDelete
  8. Belum pernah ke Medan
    ada sodara yang di medan juga
    tapi sekalipun belum pernah main kesana

    ReplyDelete
  9. Ah, aku belum pernah pergi ke luar pulau (Jawa), masih tersimpan jadi impian hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan nanti ada rejeki bisa jalan-jalan keluar pulau, Mbak Amrih . Aamiin 😇

      Delete
  10. jadi referensi kalo ke medan, lengkap dengan kuliner dan oleh2, jadi gak perlu bingung cari2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo dicoba kalo mampir ke Medan, Mas

      Delete
  11. Baru ke masjidnya yg pernh, istana maimun blm pernh karena waku itul mlm hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo malam, Istana Maimun udah tutup Mas

      Delete
  12. Bila ke Medan suatu saat saya kepengin ke Al-Mashun dan Istana Maimun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, mudah-mudahan bisa main ke Medan ya Mas

      Delete
  13. Doakaan saya ibu dila semoga dapat berkunjung nantinya ke istana maimun. Seru deh jalan jalan kesana

    ReplyDelete
  14. Pengin banget ke istana maimun. Dulu dosen sering bgt cerita tentang tempat itu.

    ReplyDelete
  15. Kapan ya aku bisa lihat langsung rumah sodagar kaya beken Tjong A Fie itu ... ?.

    Suka banget bangunan vintagenya, keren.

    ReplyDelete
  16. wah menarik banget ini Bu.
    persis itinerary-nya mirip ketika saya berkunjung ke Medan.
    cuma sayang belum sempat makan di resto Tip Top yang katanya udah wajib makan di sana kalau ke Medan ya?

    saya mesti balik lagi nih, *langsung cek tiket pesawat :D

    ReplyDelete