Resep Bubur Terik, membawa kenangan kecil bersama Eyang

by - July 14, 2017


Lebih sedap lagi,  jika bubur ini diberi taburan bawang merah goreng 

Ketika saya menulis artikel ini, sakit lambung saya sedang kambuh. Makanan yang paling pas saat sakit lambung seperti ini adalah yang bertekstur lembek. Dan tadi pagi saya membuat Bubur Terik untuk makan saya hari ini

Bubur Terik selalu mengingatkan kenangan kecil saya saat bersama Eyang. Setiap kali menginap di rumah Eyang, saya seringkali dibelikan bubur ini di tetangganya. Bau harum khas bubur ini, berbagai makanan yang dijajakan oleh penjual bubur, antrian pembeli, daun pisang yang digunakan untuk bungkus dan panci blirik besar untuk tempat bubur langsung terlintas di ingatan

Dari kecil saya memang menyukai bubur ini. Dan kali ini saya akan menghadirkan lagi kenangan masa kecil say di rumah melalui Bubur Terik ini

Ini dia cara membuat Bubur Terik

Untuk bahan bubur nya :
- Beras
- Daun Salam
- Garam
- Santan ( untuk kali ini bubur tidak saya beri santan )
Semua bahan diatas dibuat di atas api kecil dan sering diaduk hingga airnya berkurang

Untuk membuat Terik, bahannya adalah:
- Telur rebus
- Tahu putih
- Tempe ( kali saya tidak memakainya )

Bumbu halus :
- Bawang merah ( sebagian dirajang dan sebagian dihaluskan )
- Bawang putih
- Kemiri
- Merica
- Ketumbar
- Jahe sedikit
- Jintan
- Kunyit

Bahan tambahan lain :
- Sereh
- Daun jeruk
- Daun salam
- Garam dan gula

Cara membuatnya:
- Tumis bawang merah yang dirajang hingga harum
- Masukkan bumbu halus
- Tambahkan sereh,  daun jeruk dan daun salam
- Setelah harum dan matang, masukkan air matang. Tunggu hingga mendidih
- Kemudian kecilkan api dan masukkan santan sambil diaduk supaya tidak pecah
-Setelah mendidih,  tahu putih ditambahkan.  Tunggu hingga tahunya matang
- Dan terakhir masukkan telur yang sudah direbus sebelumnya, garam dan gula sedikit

Dan Bubur Terik pun siap disantap. Selamat mencoba 😍😍😍

You May Also Like

21 comments

  1. Endeesss kayaknya 😍 sama kayak di Kalimantan Selatan ya.. menu sarapan disini juga di dominasi oleh makanan berbahan dasar santan 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mb. Jadi inget jaman di Banjarmasin dulu. Apa-apa santan ...hehehe. Wah langsung kangen bubur Banjar di Bumi Mas , Soto
      Amat

      Delete
  2. Hai mba. Aku baru tahu nih ada nama bubur terik. Mmh mau nyob aah kapan-kapan. Terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak, mb Alida. Apalagi makannya pagi hangat pula.Tapi jangan kental santannya

      Delete
  3. semoga lekas sembuh y mba btw aku baru tahu bubur terik loh xixixi kadang klo bikin bubur itu suka g abis makanya mendingan beli deh 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... baru denger ya? Itu khasnya Semarang mb. Paling banyak dijual pagi-pagi. Plus masakan khas Semarang lainnya kayak Mangut Ikan Pe

      Delete
  4. Sepertinya enak nih, bund. Mau coba juga ah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo dicoba, Mb. Enak rasanya, hanya aja jangan kental santannya

      Delete
  5. mntap mbk resepnya. infonya yang sangat bermanfaat
    buat ibu2 heheh.
    salam kenal mbk. klu ada waktu bolehlah mampir di tempat kami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. Iya, nanti saya akan mampir kesana

      Delete
  6. Aku baru tahu mba..klo namanya bubur terik. Ditempatku juga ada...jualannya tiap pagi. Ngemasnya pake daun pisang..trus dimakan anget2.. Aku klo mriang juga sering bikin sendiri mba..seger. Tapi klo lagi males masak..ya beli..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, namanya bubur terik. Paling enak beli dibungkus daun pisang... Hmmm tambah syedap aja

      Klo di Jogja namanya apa gitu?

      Delete
  7. Kok lucu bubur ini. Di situbondo gak ada kak. Ahahah.

    Hmm ada resepnya pulak... Jd pengen nyobain kapan kapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba, mas. Rasanya enak kok apalagi hangat dan buat sarapan

      Delete
  8. Ekspektasi saya kirain terik itu (ikan yg kecil2) hehehe maafkan
    Bentuknya mirip bubur sumsum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. Klo itu mah namanya teri, Mb 😁😁

      Delete
  9. bubur terik? wah baru tahu nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo dicoba kulinernya orang Semarang ini, mb Inna. Enak loh

      Delete
  10. waaaah kayaknya enak ini buuu. Jadi pingin nyobaa
    Baru tahu juga ada yang namanya bubur terik ini

    Khas mana ya bu kalau boleh tahu?
    Makasih banyaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini boleh dibilang khasnya Semarang. Silakan dicoba, enak loh

      Delete
  11. Ini sih nampool banget Mba, penasaran sama rasanya. Daku coba aah di rumah, Makasih ya Mba buat resepnya hehe

    ReplyDelete