Alasan Ini yang Bikin Aku Jatuh Cinta sama Kota Medan

by - November 02, 2017



Siapa siy yang gak kenal Medan ? Udah lama kota ini terkenal di seluruh negeri. Gak kerasa udah 3 tahun ini aku tinggal di Medan. Setelah pindah dari Jakarta di tahun 2014 lalu. Banyak cerita yang udah mewarnai hari-hariku di ibukota provinsi Sumatera Utara ini

Biarpun Medan lalu lintasnya kacau, ada sampah yang mengganggu pemandangan kota dan pasar yang kotor. Tapi semua itu gak menghalangiku buat mencintai kota Medan

Mau tahu kenapa aku jatuh cinta dengan kota ini ? Taraaa ....

Ini dia alasan yang buat aku jatuh cinta dengan Medan  :

1. Kota Besar dengan Unsur Tradisi yang Masih Terasa

Medan itu punya mall yang cakep - cakep. Department Store sekelas Sogo dan Parksons pun ada disini. Medan juga punya kereta api khusus ke bandara Kuala Namu yang super megah dan keren itu . Belum fasilitas kesehatannya, ada RS Colombia Asia dan juga RS Siloam Dirga Surya. Hotel ? JW Marriot pun berdiri gagah di tengah kota. Harley Davidson bahkan punya toko disini

Dengan gemerlapnya kota Medan ini, hal - hal yang berbau tradisi masih bisa aku rasakan disini

Seperti becak motor yang masih terus eksis di tengah gempuran ojek online. Gak cuman becak motornya. Bahkan becak sepeda pun masih ada. Bukan di pinggiran kota loh mereka beroperasinya. Di tengah kota juga banyak. Gampang lagi nemuinnya

Apalagi saat pesta perkawinan atau upacara orang meninggal, tradisi masih kuat sekali dipegang. Misalkan : saat pernikahan atau upacara orang meninggal di masyarakat Batak atau Karo. Upacara adat dan pemakaian kain ulos masih dipegang teguh

Di pasar tradisional pun, masih banyak ditemui inang-inang yang mengenakan tutup kain di kepalanya

2. Orang Medan Ramah

Ini yang banyak orang salah kaprah sama Medan. Banyak yang mikir kalau orang Medan itu kasar kan ? Aduuuh, itu udah kena pengaruh sinetron. Atau lihat pengacara di tivi yang sukanya teriak - teriak itu

Di Medan ini banyak suku dan etnis yang tinggal. Ada Melayu, Jawa, Batak, Karo,  Mandailing, Minang, Aceh, China dan India. Macam - macam kan

Karena keberagamannya itu, orang Medan sangat terbuka sama pendatang. Mereka gak segan buat menyapa orang yang baru dilihatnya loh

Banyak kok yang bicaranya halus di Medan ini. Kalaupun ada yang bicaranya keras ( bukan kasar loh ), itu emang bawaannya

3. Bahasa Medan yang Unik

" Kalau bawa kereta, hati - hatilah kelen " . Tau gak kereta itu apa ? Kereta itu kalau di Medan artinya sepeda motor. Motor sendiri artinya mobil. Jangan bingung ya ... Hihihi

Unik ya Bahasa Medan ? Klik disini ya kalo mau tahu lebih banyak lagi Bahasa Medan

Bahasa Medan itu punya keunikan tersendiri. Bahasa Indonesia ( bahasa Melayu ) sebenarnya tapi agak lari sedikit. Karena banyaknya etnis dan suku yang tinggal di Medan. Ada sedikit persamaan dengan bahasa suku dan etnis yang tinggal tersebut. Ya bercampur kayak gado-gado lah

Jadi gak susah buat pendatang belajar bahasa Medan

4. Sayur, Buah dan Ikan yang Berlimpah

Kalau kalian dengar kota Medan yang diingat pasti duriannya. Hayo ngaku ...

Gak cuman durian aja kok yang banyak di Medan ini. Ada pisang Barangan yang terkenal enaknya itu, Jeruk Berastagi yang manis, durian apalagi, o iya ada juga alpukat ( makanya di Medan banyak penjual es pokat kocok ) atau Nanas madu yang endess itu

Belum lagi sayur mayur yang segar itu. Ah banyak banget. Bahkan aku nemuin sayur yang baru aku lihat di Medan ini. Namanya sayur Poeleng yang bentuknya mirip sawi tapi bukan sawi. Biarpun Medan kota besar, sayur daun labu gampang loh dicarinya

Emang siy, bukan kota Medan yang menghasilkan semua komoditi itu. Tapi disuplai dari kota - kota di sekitarnya. Seperti Berastagi,  Kabanjahe, Sidikalang dan lain - lain

Ikan ? Jangan tanya deh. Gampang banget cari ikan segar di Medan. Mau ikan laut ? Banyak macamnya. Ikan air tawar ? Banyak juga. Ikan Nila dari danau Toba enak loh rasanya

Soal harga gak usah khawatir, Medan termasuk kota ramah di kantong kok

5. Surga Makanan

Bicara Medan ya bicara makanan. Betul apa betul ?

Mau makanan apa juga ada. Ada masakan Melayu, Mandailing, Minang atau Aceh yang punya cita rasa pedas. Masakan Jawa juga ada, meski udah bercampur rasa Sumatera. Atau yang suka masakan Chinnese, banyak banget di Medan. Masakan India ? Gampang juga nyarinya

Tinggal sesuaikan aja dengan kemampuan dompet. Mau yang pinggir jalan ada atau kelas restoran super mewah juga ada

Catatan sedikit niy, buat orang Muslim kayak saya. Di Medan makanan non halal gampang ditemuin. Jadi kudu hati-hati ya. Dan gak usah khawatir bakal dijerumuskan. Tanya aja soal kehalalannya, mereka bakal jawab dengan baik kok

Apalagi oleh-oleh Medan, menggoda banget loh. Iya beneran. Coba deh mampir klik disini
 

6. Banyak Tempat Wisata

Di Medan mah gak usah bingung nyari tempat wisata. Ada istana Maimun, Masjid Raya Al Mashun, Tjong A Fie Mansion, Rahmat Gallery ( itu loh museum khusus hewan yang sudah diawetkan milik bapaknya artis cantik, Rahline Shah ) atau  penangkaran buaya

Belum lagi tempat wisata yang kekinian mulai bertebaran di Medan ini

Mau ke pantai ? Gak terlalu jauh kok. Emang siy bukan di Medan, agak minggir lah

Atau mau ngademin pikiran di pegunungan. Gampang, ada Sibolangit atau Berastagi yang jaraknya 2-3 jam dari Medan. Tempat yang gak pernah bikin bosan buat dikunjungi

7. Masyarakat Medan adalah Masyarakat yang Damai dan Toleran

Ini yang paling aku suka dari Medan

Medan kota yang multi etnis, suku dan agama. Perbedaan itu justru bikin Medan jadi kota yang damai dan toleran loh

Gak percaya ? Gampang kok nemuin ada orang Melayu, Batak, Karo, Mandailing,  Aceh, Jawa, China atau India duduk bareng ngopi sambil ketawa bareng

Ketika di sosmed heboh dengan ujaran kebencian, di Medan hal itu gak terlalu berpengaruh loh. Itulah istimewanya Medan

Kalaupun sempat ada percekcokan atau perkelahian, bukan karena dilatar belakangi perbedaan etnis, suku atau agama loh. Itu karena beda organisasi kepemudaan aja atau antar individu

Dan tinggal di Medan itu damai bah 

****

Udah tahu kan kalian, kenapa aku jatuh cinta sama kota Medan. 

Kota Medan ternyata menyenangkan bukan ? Ayo datang ke Medan biar kalian bisa merasakan yang aku rasakan. Aku doain deh, buat kalian yang pengen tahu seperti apa kota Medan itu. Semoga kelak kalian bisa berkunjung ke Medan ... Aamiin

*infografis dibuat dengan menggunakan aplikasi Pic Art dan font dari Cymera*






You May Also Like

6 komentar

  1. Yg menarik dari medan itu destinasi alam dan kultur budayanya
    Berharap bisa berkunjung ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, mb. Destinasi alam yang cakep banyak dekat Medan sini

      Aamiin, mudah-mudahan bisa main kesini Mb

      Hapus
  2. Trus klo bahasanya kereta (api) apa mba..?

    Saya ngertinya horas doang😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kereta api itu bahasa Medannya
      Kalo kereta baru buat sepeda motor

      Hapus
  3. Jadi ingat sepupu yg betah tinggal di Medan smp punya istri juga di sana, padahal asal kampungnya Padang hehe.. Pernah kami dikirimin kue bika ambon, duh lezat bangeett

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah gak gitu suka bika Ambon Mb. Manissss

      Yang lain malah lebih enak kayak rujak Aceh LLF, Risol Gogo terus manisan jambu

      Hapus