Sayur Bobor, sejumput kenangan dari masa lalu

by - Oktober 12, 2017



Assalamu'alaykum, semua. Lagi ngapain niy ? Temans,  udah pada masak belum. Mumpung ingat, kali ini saya mau bagi resep sayur sederhana yang saya suka dari kecil dulu

Nama masakan yang mau saya bagi adalah Sayur Bobor. Bukan bubur ya ... Hihihi. Sayur Bobor ini cukup terkenal di kampung halaman saya, Semarang. Ya seperti rata-rata masakan khas Jawa Tengah. Sayur ini mempunyai rasa asin, gurih dan sedikit manis. Sekilas siy mirip lodeh tapi gak ada rasa pedasnya karena gak pakai cabai

Kebetulan niy beberapa hari lalu, saya nemu daun labu yang ijo menggoda dengan bentuk ada keriting-keritingnya itu. Kepikiran paling enak ya dibuat Sayur Bobor aja. Apalagi akhir-akhir ini cuaca sering hujan,  cocok deh kalau buat sayur itu

Yang belum tau kayak apa siy daun labu itu.  Seperti ini bentuknya

Daun Labu ( sumber gambar : google )

Yuk cuss ke pembuatan Sayur Bobor ...

Ini dia bahannya :
- Daun labu
- Kacang panjang
- Labu Siam
- Santan

( Biasanya Sayur Bobor memakai bayam atau kangkung. Cuman saya suka memakai daun labu ditambah kacang panjang dan labu siam )

Bumbu :
- Bawang merah
- Bawang putih
- Kemiri
- Kencur
- Ketumbar
- Lengkuas
- Daun salam
( semua bumbu dihaluskan, kecuali lengkuas dan daun salam  )

Jangan ketinggalan juga, garam dan gula putih

Caranya masaknya juga cukup mudah. Ini dia :
- Siapkan air buat direbus sampai mendidih
- Masukkan bumbu setelah air mendidih
- Lanjutkan dengan santan
- Masukkan sayur yang sudah dipotong dan dicuci bersih
- Terakhir taburkan garam dan gula putih

Jadi deh, simpel kan? Karena sayur ini rasanya ringan meski bersantan. Anak-anak pasti suka. Kalau di rumah, krucils suka minta tambah

Have a nice day,  temans. Semoga yang lagi gak ada ide mau masak apa. Postingan ini bisa buat tambahan ide masak di rumah ...

Salam




You May Also Like

13 komentar

  1. Seger mba
    Biasanya aku pke Bayem..
    Sama ditambah sedikit kemangi. Plus nyambel, sama laiknya tempe garut yang gorengnya garing. Nasi panas...wow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ya dikasih kemangi. Mesti seger banget itu. Ntar deh kucoba

      Hapus
  2. Di daerahku pakai bayam. Jadi ingat alm ibu dulu sering bikin sayur bobor.

    BalasHapus
  3. Hmm, sayur bobor mengingatkan saya wkt praktek masak buat pasien, menu ini enak bgt kalo dimakan bareng bubur, tambah sambel, nyam nyam deh, nambah berkali-kali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh juga ya ide pakai buburnya. Bisa ditiru tuh sama saya

      Hapus
  4. Mendadak lapar nih Mba... aku suka banget sayur ini pas masih di Wonosobo. biasanya metik sendiri di kebun.
    Kalo di Semarang nggak mesti ada di pasar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah ya daun labu di Semarang. Di Medan agak mending loh

      Hapus
  5. kyknya ibu ku suka bikin ini deh, kadang juga diganti sayur yang lain. Makannya pakai nasi panas dan sambal di jamin lahap hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang masakan ini cocok banget sama sambal Mb. Apalagi lauknya ikan asin ... Eh

      Hapus
  6. wow, nostalgia banget ya. aku pertama mau makan bobor malah setelah melahirkan. demi asi lancar :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar gak bosen makan bening daun katuk terus ya Mb... Hihihi

      Hapus
  7. aku baru tahu sayur bobor mba hehehe belum pernah cicip lagi apalagi daun labu 😁 mirip lodeh y mb pake santan gitu?

    BalasHapus