Mengurangi Rasa Takut Terbang ala Saya si Penakut Terbang

by - Oktober 10, 2017


Saya ini jujur paling iri sama orang yang begitu masuk ke kabin pesawat, duduk langsung bisa tidur pulas. Asli pengen banget bisa kayak gitu.  Terbang tanpa ketakutan  ...

Ketakutan saya naik pesawat mulai terbentuk sebelum saya merasakan naik pesawat pertama kali. Mulai tahun 2000 an keatas, di Indonesia sempat beberapa tahun mengalami kecelakaan pesawat terbang. Berulang kali. Siapa coba yang gak ketakutan. Bahkan berita itu sampai mempengaruhi saya, yang bahkan saat itu belum pernah merasakan naik pesawat

Dan ...

Tibalah saatnya saya harus menghadapi kenyataan. Saya harus terbang. Takut jelas. Ketakutan pun berlipat ketika saya harus terbang perdana berdua saja dengan anak pertama yang masih berusia belum genap 2 tahun

Buat yang takut terbang pasti bisa ngebayangin ketakutan saya ketika itu. Takut tapi musti terbang nyusul suami di perantauan. Plus menjaga anak kecil yang malah seneng begitu dia naik pesawat. Kontras banget kan

Ingat banget, gimana mata ini gak sanggup untuk melihat ke bawah saat pesawat mulai tinggal landas.  Ditambah muka pucat. Keringat dingin ... Benar-benar gak nyaman

Perasaan takut terbang itu bahkan sulit saya hilangkan total hingga saat ini. Hanya saja dengan berjalannya waktu saya merasakan agak lebih berani ketimbang dulu. Ya setidaknya saya udah berani jalan ke toilet pesawat. Udah gak stress lagi tiap ada orang jalan di lorong dengan langkah tap tap tap ... Hihihi

Ini cara saya mengurangi ketakutan saya saat terbang naik pesawat :

1. Baca doa

Kalau ini saya yakin deh, setiap orang apalagi yang fobia naik pesawat pasti bakal mengucapkan doa. Mulai dari Al Fatihah sampai surat-surat yang dihafal. Berdzikir ... gak ketinggalan. Betul gak ?

Mulai dari pesawat bergerak ke runway. Dan jantung pun makin berdegup kencang ketika pilot mengatakan " Take off position ". Udah deh diam, nutupin mata,  pegangan jadi tegang sambil bibir komat kamit berdoa terus

2. Jangan berpikiran negatif

Nah yang ini pada prakteknya rada susah.  Tapi saya berusaha sebisa mungkin gak liat berita jelek soal pesawat. Hindari jauh-jauh deh lihat berita jelek apalagi kayak tayangan Air Crash Investigation. Lihat begituan bikin tambah takut naik pesawat

Salah satu pikiran positif yang membantu saya adalah setiap hari jutaan orang naik pesawat terbang, mereka mendarat dengan selamat kan. Bisa jalan-jalan lagi

3. Bayangin ntar kalau udah mendarat

Mungkin ini cara saya menghibur diri saat ketakutan terbang mulai melanda. Ngebayangin ntar begitu sampai disana mau ngapain. Ketemu sapa aja. Bisa makan apa. Pokoknya hal-hal yang menyenangkan

4. Selalu ingat pernyataan " pesawat terbang adalah alat transportasi paling aman " 

Sering kan kita dengar pernyataan bahwa pesawat terbang adalah alat transportasi paling aman dibanding alat transportasi lainnya. Dengan tingkat kecelakaan paling rendah. Karena pesawat terbang memang paling ketat pengawasannya kan. Semua dicek. Dari sebelum terbang sampai mendarat. Yah, setidaknya pernyataan itu agak membuat saya sedikit lega

5. Semuanya sudah dikendalikan Allah

Ini kunci keyakinan terbesar saya. Jujur niy ya, saat pesawat terbang akan take off saya selain berdoa. Dalam hati saya selalu berkata " Angkat ya Allah. Angkat. Pegang pesawat ini ". Berulang-ulang hati saya mengatakan itu. Mungkin aneh. Tapi ketika pikiran dan hati saya mengatakan itu, saya agak lebih percaya diri

Dan saya selalu menanamkan pikiran positif, ribuan pesawat yang terbang setiap hari adalah benda kecil dibandingkan jutaan benda luar angkasa. Toh jutaan benda luar angkasa itu tetap berada di tempatnya. Karena Allah yang mengendalikannya

Apalagi pesawat yang ukurannya gak sebesar benda luar angkasa, pasti mudah buat Allah untuk mengendalikannya

6. Mengikuti akun sosmed pilot

Hahaha ... cara ini baru saya lakukan beberapa bulan ini. Jujur ya, biarpun ini selalu punya perasaan gak nyaman saat terbang. Tapi saya suka dengan dunia penerbangan. Lihat pesawat naik turun, memotret pesawat, memperhatikan jenis pesawat dan selalu penasaran dengan kehidupan air crew atau ATC dan lingkungan sekitar bandara. Aneh ya...

Nah yang saya rasain dari ngepoin sosmed pilot, ya setidaknya saya tau kayak apa siy pilot pas nyetir pesawat. Mereka takut atau gak. Apalagi niy, sekarang banyak loh pilot yang baik hati bikin vlog tentang kehidupan mereka di kokpit saat bekerja

7. Mencoba menikmati penerbangan 

Gimana mau menikmati penerbangan coba kalau takut terbang ? Emang siy buat penakut terbang kayak saya, harus pelan-pelan buat bisa menikmati terbang naik pesawat. Itu bisa dilatih setelah beberapa kali terbang

Di pesawat kan selalu ada majalah yang ada di bangku. Yang suka saya lakukan,  baca aja majalahnya. Yah lumayan lah buat bikin waktu agak cepat berlalu. Atau bisa nonton TV. Cari hiburan yang sesuai aja dengan mood. Kalau gak suka film atau musik. Ada juga kok bacaan Al Qur'an di tv pesawat. Lumayan kan buat menenangkan diri dari ketakutan

Lihat keluar jendela, awan-awan indah.  Nah apalagi jelang mendarat, menikmati laut yang sudah mulai terlihat, daratan,  kendaraan lalu lalang di bawah, gunung atau gedung buat saya salah satu momen paling menyenangkan saat terbang

***

Itulah tips dari saya, siapa tahu bermanfaat bagi sesama penakut terbang seperti saya

Kalau gak terbang naik pesawat, kita gak bisa menikmati banyak keindahan ciptaanNya kan yang tersebar di muka bumi ini. Salam ... 😄😄

- gambar diambil dari Google -






You May Also Like

13 komentar

  1. Bakalan repot Klo sering pindah2..tapi takut terbang. Masak mau jalan darat terus..Hi..hi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah saya, mb. Takut terbang tapi selalu kudu terbang klo mudik atau pindah ... Hihihi

      Hapus
  2. Kita kebalik ya mba.. Aku justru amat sangat suka terbang :D. Slalu nunggu kapan lagi aku traveling naik pesawat. Makin lama penerbangannya, aku makin seneng. Walopun kdg bosen juga sih :p. Rekor 17 jam dlm pesawat wkt itu..

    Tp aku bisa rasain gmn org yg takut naik. Agustus kmrn aku ajakin 2 babysitters ku naik pesawat ke medan. Keduanya baru kali itu naik pesawat. Dan kliatan sih mereka takut, grogi, apalagi pas take off. Tp begitu pesawat udh stabil di atas, baru deh mereka tenang. Sampe di medan, yg mereka bilang k aku, " saya ga nyangka bu, naik burung begini , tidur bentar, bisa sampe medan"

    Wkwkwkwk yg ptg sudah merasakan ya sekarang :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya suka jalan-jalannya. Tapi selalu ada rasa takut pas terbang. Cuman sekarang lumayan , mb.

      Saya udah berani jalan ke toilet.Malah tiap terbang kayaknya gak sah kalau gak ke toilet pesawat. Terus gak stress lagi kalau ada orang lalu lalang di lorong. Alhamdulillah ada peningkatan dikit ... Hihihi

      Hapus
  3. Wah banyak ya tipks biar berani terbang ala mbak Dila ini, hahaha mantap deh. Berdoa itu paling penting ya. Abis itu ngobrol2 aja deh. Kalau tidur malah susah. Makan2 aja, mbak kenyang dan lama2 takutnya hilang deh xixixi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sama dong. Susah tidur kalau di pesawat Mb. Suka iri liat orang kok bisa puleees amat padahal baru juga duduk

      Hapus
  4. aku takut klo pas terbang cuaca hujan mb krn bbrp x aku pernh ada dipesawat saat kondisi hujan n turbulensi itu yg namanya baca doa sampe ya Alloh hamba pasrah prnh aku rasain tp ttp mu gmn jg naik pesawat hemat waktu n tenaga, kyk ke solo nek pesawat cmn 1 jam nek kereta bisa 10 jam aku mb makanya aku skrg klo nek pesawat ga takut kg hehehe kebutuhan siy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turbulensi emang ngeri ya, mb Herva. Pernah sekali ngerasain. Mak seeeeer. Kayak dijatuhin. Jantung mau copot... Hiks

      Hapus
  5. Aku catet mbak. .. soale aku belum pernah Naik pesawat hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan ntar dapat kesempatan naik pesawat, mb. Aamiin

      Hapus
  6. Ngikutin akun sosmed pilot! Kok kayanya asik juga. Aku blom pernah nih kepoin pilot. Mau coba ahhh. Aku enggak takut terbang sih. Tapi ya deg-degan sebelum lepas landas pasti ada.

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah naik pesawat terbang, hehehe. Kepengen banget malah...

    BalasHapus
  8. Hehehe.. Iya. Pesawat terbang tingkat kecelakaannya paling rendah. Kalau kita merasa aman keluar ke jalan raya, mestinya merasa lbh aman lg ya kalau naik pesawat :)

    BalasHapus