Badak Sambel, Makanan Legendaris dan Cerita dari SMA 3 Semarang

by - Oktober 29, 2017




Tulisan ini saya persembahkan khusus untuk almamater saya, SMA 3 Semarang.  Yang pada tanggal 1 November 2017 ini berumur 140 tahun

Badak Sambel ? Kayak gak ada hubungannya ya. Yang satu nama hewan. Satu lagi pelengkap makanan

Dalam bahasa Semarang, Badak punya arti lain selain nama hewan. Badak adalah nama lain Bakwan buat wong Semarang

Di SMA 3 Semarang, ada satu makanan yang menjadi legenda buat yang pernah bersekolah disana. Namanya Badak Sambel

Saking legendarisnya, badak sambel jadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dari SMA 3 Semarang

***
Jajanan badak sambel ini dari generasi ke generasi, selalu jadi buruan saat istirahat tiba. Meski banyak pilihan lain seperti nasi ayam suwir, bakso, soto atau pecel

Badak sambel tetap juaranya

Bentuknya siy sederhana saja. Badak Sambel khas SMA 3 Semarang adalah bakwan goreng yang disiram dengan bumbu pecel

Sang badak atau bakwannya ya seperti bakwan sayur pada umumnya. Terbuat dari campuran tepung, wortel dan kol yang diiris tipis. Lalu digoreng

Badak atau bakwan yang telah matang itu lalu dipotong kecil dan terakhir disiram bumbu pecel

Sederhana sekali kan ?

Soal harga, yah sesuai dengan kantong siswa SMA lah. Seporsi badak sambel pun lumayan buat mengisi perut siswa yang kelaparan

Sumber gambar : Google 

Cerita juga banyak terukir dari jajanan ini ...

Berdesak - desakan saat di kantin
Teriakan minta cepat diladeni oleh pemilik kantin karena jam istirahat udah mau habis
Pas mau bayar eh uang gak cukup, jadi bayar sisanya besok lagi
Selesai makan lalu keluar kantin, bau khas antara keringat dan asap masakan di kantin menempel di baju

Ngobrol syantik dengan kawan se gang
Belum lagi yang pas SMA udah punya pacar, janjian ketemu terus makan di kantin
Atau kalau gak punya pacar, bisa ngelirik gebetan
Bahkan menjadi salah satu tempat pelarian saat cabut pelajaran, selain bank daerah di depan sekolah  ... Upps

Gelak canda tawa riang bersama kawan,  itu yang akan selalu diingat

Meski sekarang kantin sekolah tak lagi sempit. Dan sudah seperti food court di supermarket. Tetap saja, sang Badak Sambel menjadi idola buat para Ganesha  SMA 3 Semarang


" Selamat Ulang Tahun SMA 3 Semarang yang tercinta. Terus melahirkan generasi terbaik negeri ini. Saya bangga menjadi bagian dari Alste " ❤❤❤


Sumber gambar :
- Badak Sambel dari Ig kawan SMA @ikamartha. Makasih udah bolehin gambarnya diambil, say




You May Also Like

9 komentar

  1. Keren euyy, SMA 3 Semarang sudah 140 tahun..Sekolahku SMA 1 Kediri baru 72 tahun:)
    Btw, itu yang jualan di kantin nggak ganti Mbak? Biasa bu kantin ganti..ganti menu juga:D
    Jadi penasaran sama badak sambel sayaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peraturan di SMA 3 kan, setiap penjual kantin itu ya pegawai disana. Pas mereka pensiun, udah deh gak boleh jualan lagi

      Biarpun generasi berganti, penjual berganti. Menu Badak Sambel tetep ada... Wkwkwk

      Hapus
  2. anjrit.. tulisannya singkat tapi bikin ngilerr.... akutu suka gak tahan sama yang namanya "sambel" meski kadang suka tapi gak suka pedes. nalo bingung


    btw kenangan masa sma ku apa ya? kok keknya bnyk yg lupa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiyah ... Uwan sering gaje jadi bingung sendiri kan sama kenangan SMA nya. Hahaha

      Hapus
  3. Aku baru tahu yang namanya badak sambal. Jadi kenangan masa-masa sekolah ya.

    Mba Dila keren, dari SMA 3 Semarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan selalu terkenang mbak Nur

      Hapus
  4. Oalah menu begini jg ada pas jaman aku smu di aceh mba. Tp namanya biasa, bakwan kacang kita sebutnya :D. Disiram ama kiah kacang yg mirip kuah pecel, trs pedes, favorit banget lah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda nama doang ya ternyata. Isi mah sama ... Hihihi

      Jajanan kampung kayak gini tuh yang bikin kangen terus Mb Fanny

      Hapus