Restoran Tip Top Medan, Akhirnya Saya Kesana Juga ... Yippy

by - Agustus 28, 2017


Restoran Tip Top Medan
Jujur agak bingung juga mau kasih judul apa di postingan saya kali ini. Mungkin karena saya begitu gembira akhirnya bisa juga ke tempat yang udah lama banget saya idam-idamkan ini

Restoran Tip Top Medan, namanya udah lama saya dengar. Jauh sebelum saya tinggal di Medan. Beberapa kali lihat liputannya di TV. Jadi tempat ini adalah salah satu incaran yang harus saya datangi di Medan ini




Tahun 1929 di jalan Pandu dengan nama Jang Kie

Stand Tip Top ketika masih bernama Jang Kie saat mengikuti Pasar Malam di Lapangan Merdeka tahun1929


Siapa siy yang gak kenal Restoran Tip Top Medan ini?  Restoran yang udah berdiri dari tahun 1934 ini punya aura tersendiri. Apalagi buat pecinta vintage macam saya ini. Semakin membuat penasaran saya,  apa siy yang membuat restoran ini masih bertahan selama lebih dari 80 tahun ini


Restoran Tip Top Medan yang mempunyai nama asli " Jang Kie " ini terletak di kawasan Kesawan. Tak jauh dari Tjong A Fie Mansion, rumah seorang saudagar China yang terkenal di masa lalu. Yang dulu pernah saya tulis di postingan pertama saya di blog ini yang judulnya Seperti Melewati Mesin Waktu di Tjong A Fie Mansion

Suasana teras yang cozy

Live Music yang bisa dinikmati pada hari Rabu, Sabtu dan Minggu

Pada hari kelahiran saya 17 Agustus ini, akhirnya untuk pertama kalinya saya berkunjung ke restoran ini. Gak direncanakan sebetulnya.  Mendadak pengen aja, saya minta suami buat antar saya kesana siang itu. Kencan berdua ceritanya ... eheeeem

Disana saya memilih duduk di bagian teras depan restoran. Entah saya suka sekali dengan bentuk terasnya yang elegan klasik bernuansa cokelat tua itu. Kursi dari rotan yang masih berwarna coklat di sudut dekat jendela, jadi pilihan saya dan suami

Suasana di dalam restoran

Mesin hitung kuno

Bagian dalam restoran

Mirip restoran Padang ya


Tak lama, pramusaji datang membawa menu. Saya pun menanyakan apa menu andalan disana. Dan akhirnya saya memilih Nasi Goreng Ikan Asin, Bistik Sapi,  Es Krim dan Es Johor ... Plus suami memilih Pancake Pisang


Taraaa gak perlu nunggu lama, pesanan kami datang juga. Gimana rasanya ? Oke saya coba review satu - satu ya

1. Nasi Goreng Ikan Asin
Dulu saya sempat mikir. Kok restoran sebesar Tip Top Medan, salah satu menu andalannya adalah nasi goreng. Ternyata betul sodaraaa ... Nasi goreng disini enyak enyak enyak
Nasi gorengnya punya rasa yang khas, gak pedas sama sekali karena gak pakai cabe, porsinya lumayan banyak plus telur gorengnya cantik ( renyah diluar tapi lembut di dalam dengan kuning telur yang meleleh )

Note : Yang mau pedas, tinggal ditambah saos. Karena nasi gorengnya memang gak pedas sama sekali

Nasi Goreng Ikan Asin

2. Bistik Sapi
Over all saya suka sama bistik sapinya. Saosnya enak banget, kentang gorengnya kayak buatan rumah aja bukan ala restoran cepat saji, ada rebusan sayur juga dan dagingnya yang rasanya enak tapi emang gak terlalu empuk

Bistik sapi

3. Es Johor
Ini es bener - bener endeeess. Rasanya sederhana aja. Tapi saya suka banget. Ada es serut yang diberi sirup dan susu, cincau, kolang kaling dan tape. Rasanya membawa saya ke masa kecil

Es Johor

4. Peach Melba Ice

Kalau kalian ke Restoran Tip Top Medan, jangan sampai melewatkan sajian satu ini. Boleh dibilang es disini juga termasuk menu andalan. Saya memilih Peach Melba Ice. Meski di gambar menu, es ini rasa vanilla. Tapi saya bisa memilih rasa lain dan saya memilih rasa coklat. Teksturnya lembut ditambah potongan buah, saus dan krim membuat es krim ini makin nikmat

Peach Melba Ice, es krimnya bisa diganti dengan rasa lain

5. Pancake Pisang
Namanya emang pancake. Tapi penampilannya gak kayak pancake yang banyak beredar itu. Pancake pisang di Restoran Tip Top Medan ini punya tekstur mirip tepung yang digoreng dengan potongan pisang kecil - kecil di dalamnya. Bentuknya sekilas seperti telur dadar

Rasanya gimana?  Jangan tanya deh. Juaraaa. Gak terlalu manis dengan sedikit rasa asin. Pokoknya enak banget. Ada tambahan saos gula merahnya juga buat yang suka. Kalau saya lebih memilih dicocol gitu aja. Tapi suami milih pakai gula merah

Pancake Pisang ini enak banget ( pake foto punya Tip Top karena foto saya jelek )

Gak nyesel deh ke tempat ini. Recommended banget. Dan beberapa hari kemudian, saya kembali kesana lagi. Dan kali ini plus anak-anak. Pilihan menunya masih sama yakni Nasi Goreng Ikan Asin. Dan minumnya Jus Jeruk, meski tampilannya mirip es jeruk, yang ternyata rasanya ampun deh enaaaak banget ( paling enak dari jus jeruk yang pernah saya coba di Medan ini )

Jus Jeruk ini enak bangeeeeet

Oiya, Restoran Tip Top Medan ini juga menyediakan makanan dengan cita rasa khas lokal, Chinesse Food dan berbagai kue yang dipanggang dengan oven kayu. Untuk reservasi atau informasi lebih lanjut bisa dibaca di Restoran Tip Top Medan

Masakan cita rasa lokal
Tungku kayu yang masih dipakai Tip Top sejak tahun 1934 hingga kini

Kue disini punya cita rasa khas karena dipanggang dengan tungku kayu

Udah ya cerita saya tentang restoran yang jadi kebanggaan masyarakat Medan ini. Jumpa lagi di postingan berikutnya 😘😘😘








You May Also Like

12 komentar

  1. Waaahhhhhhh aku pun paling enggak tahan kalau ketemu yang vintage gini. Bahagia sekali rasanya. Restoran Tip Top ini masuk di list aku kalau suatu saat sampai ke Medan.
    Aku penasaran Tip Top ini kira-kira ada hubungannya sama toko es krim tua di Jogja yang namanya Tip Top juga ga ya? Abis sama sih namanya, sama-sama jadul lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada juga ya Tip Top di Jogja ? Baru tau malah. Padahal saya orang Semarang dan gak asing sama Jogja

      Hapus
  2. Makaaaaaaannn! Wah aku jadi ga sabar pengen mencicipi semua menu yg ada di foto hehehe. Serasa ke museum juga ya mbak. Aku juga suka hal2 jadoel termasuk baang2 vintage. Mantap! 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mb. Aura vintage tuh selalu membuat saya terpesona . Jatuh cinta aja sama hal-hal begini

      Hapus
  3. Saya suka tertarik ke resto jadul begini, Mbak. Karena kalau bisa bertahan lama, kemungkinan rasanya memang enak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelanggannya pun sudah turun temurun dari generasi sebelumnya, mb

      Hapus
  4. wahhh.,.. akhirnya ya mbak,,,
    ehh selamat hari kelahiran mbak,, :D

    awak juga pernah beberapa kali kesitu,, Porsi makanannya udah jelas porsi kenyang kali (banyak)
    hahhahaha,,,,

    www.rudihartoyo.com
    www.medanwisata.com

    BalasHapus
  5. Kalau orang Medan pasti udah ngga asing lagi dengan Tip Top. Ini juga salah satu tempat nongkrong favoritku. Belakangan udah rada jarang ke sana, padahal selalu kangen dengan cake khasnya. Dan memang menu Steak Tip Top rasanya mantap! :D

    mollyta.com

    BalasHapus

  6. Saya suka dengan tempat2 kuliner yg mengusung tema OLD
    Terlebih jika ada kilas balik sejarahnya

    BalasHapus
  7. wah, jadi ingin balik ke Medan dan ke restoran Tip Top lagi... aku malah lebih sering menikmati es krim kl ke sana. blm pernah makan yg menu utama

    BalasHapus
  8. Ya ampuun...serasa njajan di era kolonial ya mba.

    Wah, klo aku njajan nasgornya..kayaknya klo aku mesti bawa boncabe.. Penyuka pedes soalnya☺

    BalasHapus
  9. Oh tempatnya klasik2 gitu ya. Bistiknya dengan kuah terpisah ya dan es johor saya baru tau minuman ini, haha... Semacam es teler tapi ada cincaunya, segar banget ini kayaknya.

    BalasHapus