Lebaran Tetap Bisa Menyenangkan kok Meski Gak Mudik

by - Juni 16, 2017



Masjid An Nur Pekanbaru,  Lebaran 2010


Mau sedikit cerita soal foto itu. Foto itu saya ambil di Masjid An Nur Pekanbaru di Lebaran 2010. Hari raya yang sangat spesial buat kami.

Di Lebaran itu kami baru seminggu menempati rumah Pekanbaru setelah pindah dari Samarinda.

Gak ada persiapan apapun. Masak apa yang bisa dimasak aja. Kue seadanya. Baju baru gak kepikiran

H-4 barang pindahan saya baru datang. Orang lain udah siapin ini itu bahkan mudik. Kami malah berjibaku membereskan barang pindahan yang baru datang. Lebaran disaat baru mengenal tetangga depan dan samping rumah saja

Foto itu pun asal cepret, gak mood ambil foto dan itu satu-satunya foto saat Lebaran 2010

***

Mudik Lebaran di negeri ini seperti udah menjadi suatu kewajiban buat setiap orang. Ada yang mudik mepet waktu Lebaran. Ada juga yang udah mulai dari awal Ramadhan. Yang kayak gini biasanya dilakukan sama orang yang kerjanya punya waktu lebih bebas ketimbang orang kantoran

Selain yang mudik, ada juga sebagian orang yang gak bisa mudik. Faktor biaya adalah alasan rata-rata gak mudik. Apalagi kalau kampung halamannya jauh. Makin gede aja uang yang dibutuhkan buat bertemu sanak saudara saat Lebaran. Pulang Lebaran akhirnya gak jadi kewajiban tiap tahun 

Saya termasuk orang yang beberapa kali gak mudik Lebaran. Dari 14 tahun perkawinan saya, hanya 4 kali saya mudik ke kampung halaman. Plus 2 kali bisa ngerasain Lebaran bersama orangtua karena saat itu masih tinggal di Semarang dan belum merantau. Jadi total 8 kali saya sekeluarga melewati Lebaran di beberapa kampung halaman orang. Pernah Lebaran di Banjarmasin, Pekanbaru, Jakarta dan Medan 

Gimana siy rasanya gak mudik pas Lebaran?  Mau nangis aja pas pertama kali Lebaran di kampung orang. Kalau sekarang gimana?  Ya mungkin karena udah ditempa pengalaman beberapa kali, jadi udah terbiasa siy

Sekarang saya mau berbagi tips agar Lebaran di kampung orang tetap bisa menyenangkan. Ini tips dari saya :

1. Ajak keluarga mempersiapkan keperluan untuk merayakan Lebaran

Hei, biarpun kita gak mudik tetep dong jangan sampai perayaan Lebaran berlalu begitu aja. Saya dan suami biasanya ajak anak-anak buat mempersiapkan keperluan Lebaran.

Mulai dari beli baju, makanan kecil untuk di meja dan yang paling penting niy gak boleh ketinggalan ... masak opor plus pelengkapnya. Gak cuman masaknya aja, beli keperluan buat masak ke pasar pun anak-anak saya libatkan

Rumah juga harus dibersihkan bukan? Nah, ajak mereka buat beberes rumah bersama. Pasti menyenangkan 


Pasang ornamen ketupat dulu aaah
Karena panci lama udah gak muat lagi buat bikin opor. Ke Binjai dulu beli panci besar buat bikin opor buat Lebaran 2017 ini
Bikin lontong sama ketupat dulu ya

Jangan lupa saat membayar zakat fitrah anak juga diajak ikut serta

2. Buat acara yang menyenangkan saat malam takbiran

Ajak anak takbiran di rumah atau sesekali lihat suasana takbiran di kota. Boleh juga ramaikan suasana malam takbiran dengan membeli kembang api. Tapi jangan yang mahal-mahal ya, sayang mubadzir. Beli aja secukupnya yang penting bisa memeriahkan suasana

Main kembang api di Lebaran 2008 Banjarmasin

Biarpun harga kembang apinya murah meriah, bisa memeriahkan Lebaran 2012 kami di Pekanbaru

3. Sholat Ied di Masjid Agung

Alasan ini sebenarnya kami pilih lebih karena momen. Kesempatan saya sekeluarga yang hanya sementara untuk tinggal di suatu kota, membuat kami sekeluarga lebih memilih sholat Ied di Masjid Agung. Kapan lagi bisa ngerasain sholat Ied di tempat itu ?

Lebaran 2008 di masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Kakak masih imut bangeeeet
Sholat Ied 2017 ini di Masjid Agung Sumatera Utara

4. Makan bersama sepulang sholat Ied

Sama dong kayak yang pada mudik ke kampungnya. Saya pun juga harus merasakan kebersamaan saat menyantap hidangan khas Lebaran meski bersama keluarga kecil saya. Lengkap dengan ketupat atau lontongnya juga ya

Biarpun di perantauan dan jauh dari keluarga, tetep ya hidangan harus lengkap
Sesekali boleh lah ya potong tart di Lebaran


5. Jalan-jalan keliling kota

Biasanya nih udah hari kedua mulai bingung tuh mau kemana. Tetangga pada mudik. Kawan juga mudik. Terus kita kemana? 
Mall biasanya udah buka mulai hari pertama Lebaran tuh. Cuman kan karena kita juga capek saat Lebaran hari pertama, di hari kedua bisa tuh jalan ke mall. Gak sepi kok mallnya. Malahan rame banyak pengunjung dari luar daerah juga. Mereka malah suka berombongan pakai mobil besar

Kalau gak mau ke mall, cari aja tempat wisata yang dekat. Pantai biasanya jadi pilihan orang buat wisata Lebaran. Tapi hati-hati ya dalam mengawasi anak. Maklum pantai kalau Lebaran gitu ramenya minta ampun. Lautan manusia judulnya

Atau bisa juga ke kebun binatang. Yang ini juga sama aja ramenya sama pantai kalau udah Lebaran

Taman Alam Mayang Pekanbaru jadi pilihan tempat liburan Lebaran kami tahun 2012, bawa bekal sendiri dan sangat menyenangkan
Kebun Binatang Medan di Lebaran 2015  penuuuuhnya minta ampun

6. Menginap di luar kota

Sama lah dengan yang mudik ke kampung halaman. Yang gak mudik pun juga bisa kok jalan-jalan keluar kota. Cari aja tempat yang gak terlalu jauh dari rumah. Maksimal 4 - 5 jam perjalanan aja lah biar gak terlalu capek.

Mengingat hotel selalu penuh saat Lebaran, pesan dulu jauh hari. Ya kira-kira 1,5 bulan lah sebelum Lebaran. Apalagi kalau hotel yang dituju jadi favorit para wisatawan. Mungkin 2 bulan sebelum Lebaran udah habis.

Tapi kalau di luar kota ada saudara yang rumahnya boleh untuk kita menginap. Udah aja nginap disana. Selain hemat, bisa jadi ajang silaturahim juga kan
Menginap di Berastagi tahun 2015

Jalan-jalan Lebaran 2015 di Berastagi sambil liat kebun bunga yang cantik
 7. Berkunjung ke rumah teman atau saudara, atau piknik bersama kawan

Jika di tempat tinggal kita ada teman atau saudara yang bisa dikunjungi, berkunjung ke rumah mereka bisa buat Lebaran kita makin mengasyikkan. Atau bisa juga piknik bareng kawan yang sama-sama gak mudik. Bakalan nyenengin loh. Beneran deh ...
Sambil silaturahim, Lebaran jadi makin meriah kan
Lebaran 2007 dulu pas gak mudik, main ke pantai Swarangan rame-rame sama kawan di Banjarmasin

Alhamdulillah, kawan-kawan Medan yang gak mudik  main ke rumah di Lebaran 2017
8. Ajak orangtua berlebaran di rumah kita jika memungkinkan

Meski kami berkali-kali gak mudik, Alhamdulillah saya mempunyai seorang Mama yang berbesar hati untuk menemani kami berlebaran di perantauan. Di Lebaran 2014 saat di Jakarta, 2015 dan 2017 di Medan. Dan adik saya satu-satunya berbesar hati untuk melepaskan Mama terbang ke rumah kami untuk menemani kami berlebaran. Anak-anakpun senang saat datang Neneknya lebaran di rumah 


Main ke Dufan saat Lebaran 2014 sama Nenek
Ngajak Nenek ngeliat salah satu tempat terbaik menikmati Danau Toba di Taman Simalem Resort Lebaran 2017

9. Gak usah meratapi nasib

Ini yang paling penting. Jangan dong nangis terus seharian gegara gak bisa mudik. Gak lucu kan di hari yang seharusnya menyenangkan malah nangis melulu di kamar. Yang ada malah anak kita yang bingung liat emaknya nangis

Sekarang jaman udah canggih kok, gampang tinggal telpon orang tua dan saudara atau video call. Suara mereka bisa jadi obat rindu loh

Yakinlah meskipun kita tidak bisa berjumpa di saat Lebaran dengan keluarga di kampung halaman, rasa cinta dari mereka akan selalu ada di hati
Gimana tips saya tadi ? Masih tetep galau gegara gak mudik? Jangan galau lagi ya

Ayo ciptakan suasana Lebaran yang menyenangkan meski gak mudik ke kampung halaman 😍😍😍

Semoga bermanfaat ya, temans

Artikel ini disertakan dalam giveaway 1 Tahun Dunia Gairah PritaHW dan mengalami perubahan untuk penambahan foto
http://www.pritahw.com/2017/06/giveaway-lebaran-berhadiah-sejuta.html?m=1




You May Also Like

10 komentar

  1. meski ga ikut sensasi mudik. msh banyak hal menyenangkan lain yg bs dilakuin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus, mb. Jangan sampe Lebaran kita terlewatkan dengan hati yang galau kan :D

      Hapus
  2. aku termasuk orang yg ga pernah mudik saat lebaran, Bu. :D

    Kebagian nungguin kampung saat ditinggal orang-orang mudik. Tapi enak sih, jakarta jadi legaan dikit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kampungnya disitu juga yak ... Hehehe

      Ntar kan malah bisa liburan juga menikmati lengangnya ibukota. Jarang2 kan :D

      Hapus
  3. aku baru tahun ini mudik sebelum2nya sama kek mba dan aku nikmatin kok mba hahaha..pulang keliling silaturahmi sampe rumah cari tukang bakso yang buka dan itu nikmat banget bahagia sederhana meski sanak famili pada telepon bilang kapan kesini yah mau gimana lagi mesti dinikmatin ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting mah gimana hati ya kan, mb? Dimanapun asal hepi :D

      Hapus
  4. Seru dan menyenangkan yah! Meski di kampung orang tapi bisa dibawa santai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haruuuus, mb. Biar tetap ceria dan semangat :D

      Hapus
  5. tips2nya oke banget deh mbak. Malah seru ya bisa seru2an sama keluarga kecil sekaligus nikmati tempat yg baru. Btw, makasih udah ikutan GA blog ku ya mbak, gudlak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, mb Prita udah diijinin ikutan GA nya

      Hapus